Kamis, 23 Januari 2014

Tugas Kelompok Ekonomi Koperasi #Softskill

HASIL AKHIR LAPORAN
KUNJUNGAN KOPERASI
SEJAHTERA BERSAMA (SB) MART

Disusun Oleh :
Nama Kelompok :           1. Andro THG Damanik          ( 28212121 )
2. Benny Ricki Sitorus            ( 21212427 )
3. Cahya Drajat                       ( 21212541 )
4. Darel Akhir Syawal             ( 21212717 )
5. Dedi Butarbutar                  ( 21212788 )
6. Rio Bagas Saputra              ( 26212424 )

Kelas                 :         2EB02
Mata Kuliah       :         Ekonomi Koperasi (#Softskill)

Hasil Laporan :
No
Hari / Tanggal
Materi Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Paraf
1.
Jumat, 4 Oktober 2013
Perkenalan
1.    Memperkenalkan diri
      anggota kelompok dan menyampaikan maksud dan tujuan

2.       Memberikan Motivasi
Pkl. 09.00 – 11.30
WIB
Pendamping :
1. Dedi butarbutar
2. Cahya Drajat
Koordinator :
Pak Sriyanto                     
     
 Ttd
2.
Sabtu, 12 Oktober 2013
Pengertian Konsep dan Lingkungan Pemasaran.
1.     Pemasaran adalah suatu kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan merencanakan, menentukan, harga sampai kepada mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa ke konsumen.
2.      Definisi pemasaran bersandar pada konsep inti yang meliputi :
     Kebutuhan (Needs)
     Keinginan (Wants)
     Permintaan (Demands)
Pkl. 10.00 – 13.30
WIB
Pendamping :
1. Benny Sitorus
2. Andro Damanik
Koordinator :
1. Suwandi
2. Dadang
 Ttd
3.
Jumat, 18 Oktober 2013
Fungsi – Fungsi Pemasaran.
1.       Fungsi Penyimpanan, menjelaskan tentang metode penyimpanan seperti metode FIFO dan LIFO.
2.       Fungsi Transportasi, menjelaskan tentang :
·         Pemilihan lokasi produksi yang tepat
·         Penentuan area pasar yang dilayani
·         Pemilihan bentuk produk yang dipasarkan
·         Pembuatan standard ukuran dan kualitas produk yang dipasarkan
3.       Fungsi Standarisasi dan grading, yaitu :
Penentuan batas – batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang – barang manufaktur atau juga bisa menyederhanakan, mempermudah, serta meringankan biaya pemindahan komoditi dalam pemasaran.
4.       Fungsi Periklanan
·         Informing, adanya iklan membuat konsumen sadar akan merek – merek baru membidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merk.
·         Persuading, iklan yang efektif akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
·         Adding value, periklanan memberi nilai tambah pada merk dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
Pkl. 13.00 -18.00 WIB
Pendamping :
1. Darel Akhir Syawal
2. Rio Bagas
Koordinator :
1. Suwandi
2. Dadang
           Ttd
4.
Jumat, 25 Oktober 2013
Faktor – Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.
1.       Faktor Eksternal :
Merupakan faktor yang meliputi :
Pengaruh keluarga, Kelas sosial, Kebudayaan, Marketing strategi, dan   Kelompok referensi.
2.       Faktor Internal :
Merupakan faktor yang meliputi :
Motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, dan kepribadian.

4 Tipe proses pembelian konsumen :
1. Proses Complex decision making, yaitu terjadi bila keterlibatan kepentingan tinggi pada pengambilan keputusan yang terjadi.
2. Proses brand loyalty, yaitu konsumen belajar dari pengalaman masa lalu dan membeli merk yang memberikan kepuasan yang tinggi dengan sedikit atau tidak ada proses pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
3. Proses limited decision making, yaitu konsumen membeli barang mencoba – coba, dalam hal ini untuk membandingkan terhadap barang yang lain yang biasanya dikonsumsi.
4. Proses inertia, inertia berarti konsumen membeli merk yang sama bukan karena loyal kepada merk tersebut, tetapi karena tidak ada waktu yang cukup dan ada hambatan mencari alternatif, proses pencarian informasi terhadap evaluasi dan pembelian merk.
Pkl. 13.00 – 17.00 WIB.
Pendamping :
1. Cahya Drajat
2. Rio Bagas
Koordinator :
1. Suwandi
2. Dadang

 Ttd
               
5.
Selasa, 29 Oktober 2013
1.       Mengukur dan meramal pasar permintaan









2.       Beberapa hal strategis yang harus dilakukan dalam memasarkan produk atau jasa
1.1.    Melakukan penelitian pasar tentang pelanggan untuk menentukan apa yang mereka senangi atau tidak disenangi, Serta bagaimana mereka merasakan produk yang kita pasarkan.
1.2.    Perlunya menganalisis sifat – sifat dasar para pelanggan, dalam hal ini untuk mengetahui apa yang mereka miliki pada umumnya atau produk – produk apa yang mereka sering gunakan dalam kebutuhannya.
1.3.    Perlunya meninjau manfaat dari penggunaan produk atau jasa yang kita pasarkan.
2.1. Ada produk atau jasa, pastikan bahwa cara mendapatkan dan menggunakan produk / jasa kita dijelaskan dengan tepat kepada pelanggan demikian juga manfaat – manfaatnya, Rincilah apa yang istimewa atau yang unik tentang produk / jasa dan bagaimana memberi manfaat atau organisasi yang ingin kita raih.
2.2.  Penawaran.
Penawaran mungkin hanyalah salah satu unsur strategi, akan tetapi dapat berpengaruh besar pada hasil – hasil yang akan kita capai. Penawaran itu harus sesuai dan layak untuk pasar sasaran kita, dalam hal ini semakin cepat pasar sasaran kita memahami apa penawaran yang kita tawarkan dan apa yang terkandung didalamnya, bagi mereka akan semakin besar peluang mencapai keberhasilan.
2.3. Media, cara yang paling efisien dan efektif untuk mencapai orang – orang yang perlu anda raih ( untuk mencapai target ).
2.4. Pelaksanaan yang kreatif, strategi yang kreatif harus merupakan bagian yang fleksibel.
2.5. Penentuan waktu, seringkali cara yang paling baik untuk menyusun hal ini adalah menggunakan batas waktu khusus yang dipaksakan kepada kita karena sifat produk atau jasa yang kita promosikan. Sebagai contoh : Bila kita menyelenggarakan seminar.
2.6. Ramalan Perusahaan, adalah tingkat penjualan perusahaan yang diharapkan berdasarkan rencana pemasaran yang dipilih dan lingkungan pemasaran yang diasumsikan, dua konsep yang harus diperhatikan sehubungan dengan ramalan pemasaran yaitu :
          
      Quota Penjualan : Kumpulan sasaran penjualan produk, divisi perusahaan, atau pramuniaga yang merupakan peralatan manajer yang utama dalam mendefinisikan dan merangsang usaha penjualan.
          Anggaran Penjualan : Estimasi yang cermat terhadap volume penjualan yang diharapkan dan terutama digunakan dalam melakukan pembelian dan keputusan – keputusan.

2.7. Potensi perusahaan, adalah batas yang dicapai perusahaan pada saat usaha pemasaran perusahaan meningkat relatif terhadap pesaing.
Pkl. 13.00 – 18.00 WIB
Pendamping :
1. Dedi B.
2. Benny Sitorus
Koordinator :
1. Dadang
2. Suwandi

Ttd
6.
Sabtu, 2 November 2013
Product       
1.    Pengertian Product adalah semua yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan pemakainya.
Keputusan produk memiliki produk meliputi beberapa tahap, yaitu :
       a.       Atribut produk, merupakan pengembangan produk dan jasa dan memerlukan pendefinisian manfaat – manfaat yang akan ditawarkan. Manfaat – manfaat tersebut kemudian dikomunikasikan dan disampaikan melalui atribut – atribut produk seperti kualitas, fitur, serta gaya dan desain.
      b.  Pemberian merk, memperkenalkan perluasan lini ( dalam hal ini merk yang telah ada diubah kedalam bentuk, ukuran, dan rasa yang baru untuk kategori yang sudah ada. Perluasan merk, aneka merk, dan merk baru.
      c.   Pengemasan merupakan kegiatan mendesain dan memproduksi atau pembungkus produk. Kemasan dapat berupa wadah utama produk, kemasan yang telah dikhususkan untuk menyimpan, mengidentifikasi, dan mengirim produknya.
       d.   Pelabelan, kepentingan identifikasi, penentuan jenjang, uraian, penjelasan, serta promosi. Pelabelan dapat bervariasi mulai dari tanda pengenal produk yang sederhana hingga produk yang rumit yang merupakan bagian dari pemasang.
      e.      Pelayanan, Perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang baik, harga yang bersaing melalui promosi yang lebih menarik, perusahaan harus menyusun dan mengembangkan jasa pelayanan pada pelanggan menurut yang diinginkan oleh pelanggan.
Pkl 11.00 – 15.00 WIB
Pendamping :
1. Andro Damanik
2. Darel Akhir Syawal
Koordinator :
1. Dadang
2. Suwandi

Ttd
7
Rabu, 6 November 2013
1.       Strategi dan Proses Pengembangan Produk Baru
                                    









2.       Siklus Hidup Produk
1.1. Sumber- sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan gagasan produk baru, a/l :
             - Pelanggan
                           -  Karyawan
                          -   Penyalur, dan
             - Pesaing
1.2. Melakukan penyaringan Gagasan yang didapat, dengan tahap :
              - Penyaringan
              -  Uji Coba
1.3. Mengembangkan gagasan yang lolos penyaringan menjadi beberapa alternative konsep produk.
1.4.    Pengembangan Strategi Pemasaran
1.5.    Analisis usaha dengan mengevaluasi daya tarik usulan usah baru.
1.6.    Pengembangan produk yang lolos dari uji analisis usaha
1.7.    Pengujian Pasar

2.1. Tahap Perkenalan Produk, dimana produk baru pertama kali didistribusikan dan tersedia untuk dibeli konsumen.

Strategi pemasaran dalam tahap perkenalan produk, a/l :
 Strategi Peluncuran Cepat (Rapid Skimming Strategy)
        Strategi Peluncuran Lambat (Slow Skimming Strategy)
        Strategi Penetrasi Cepat (Rapid Penetration Strategy)
        Strategi Penetrasi Lambat (Slow Penetration Strategy)
2.2. Tahap Pertumbuhan Produk (Growth)
        Rapid Growth
        Slow Growth
2.3. Tahap Kedewasaan Produk (Maturity), yang memiliki 2 strategi utama,  yaitu :
        Defensive Strategy
        Offensive Strategy
Dan beberapa strategi alternative, yaitu :
        Strategi Perbaikan Mutu
        Strategi Perbaikan Ciri
        Strategi Perbaikan Model
        Modifikasi Pasar
        Dll
2.4. Tahap Kemunduran (Decline), dan alternative-alternatif yang dapat dilakukan oleh manajemen pada saat penjualan menurun.
Pkl 16.00 – 19.30 WIB
Pendamping :
1. Cahya Drajat
2. Rio Bagas
Koordinator :
1. Dadang
2. Suwandi

Ttd
8
Sabtu, 9 November 2013
Komunikasi yang efektif
Dalam kegiatan ini menjelaskan dimana koperasi dapat menyebarkan informasi, mempengaruhi dan meningkatkan produk agar konsumen bersedia membeli, menerima dan setia kepada produk yg ditawarkan produsen artinya tidak plin-plan pada penawaran produk.
Bauran promosi :
Ada 7 cara promosi yaitu :
1.       Iklan : struktur dan susunan kmunikasi non-personal yang dibiayai dan hanya promosi tentang produk buasanya dimuat dalam media.
2.       Promosi penjualan : penjualan jangka pendek untuk mendorong hsrat untuk membelu produk, biasanya dengan harga yang lebih murah atau dengan hadiah setiap pembelian dengan tujuan mengenalkan produk pada masyarakat.
3.       Acara & pengalaman : kegiatan atau program yang disponsori koperasi untuk menciptakan interaksi tentang merk.
4.       Penjualan pribadi : pengajian pribadi oleh tenaga penjual perusahaan dengan tujuan menjual dan membina hubungan baik dengan pelanggan.
5.       Hubungan masyarakat : membina hubungan baik dengan berbagai kelompok masyarakat
.
6.       Hubungan masyarakat dan publisitas : berbagai program koperasi untuk melindungi citra koperasi.
7.       Pemasaran langsung : cara - cara berkomunikasi untuk menyebar produk.
Komunikasi pemasaran terpadu :
8 langkah dalam program komunikasi dan promosi total yang efektif :
1.       Mengidentifikasi konsumen sasaran : menjelaskan tata cara menganalisa pembeli potensial produk koperasi dan menetapkan target konsumen.
2.       Menentukan tujan komunikasi : komunikator harus memutuskan tanggapan yang diharapkan dari konsumen, seperti pembelian dan kepuasan konsumen yang tinggi dan cerita dari mulut ke mulut yang baik.
3.       Merancang komunikasi : menjelaskan tentang penyusunan ucapan dalam mempromisikan produk.
4.       Memilih saluran komunikasi : menjelaskan cara promosi melalui saluran komunikasi pribadi yaitu komunikasi 2 orang melalui telefon atau e-mail, non pribadi atau langsung dalam kelompok madyarakat, dan integrasi melalui media massa.
5.       Menetapkan total anggaran promosi : mmenjelaskan etode - metode untuk biaya- biaya yang harus dikeluarkan pada saat promosi.
6.       Menentukan bauran media : Campuran khusus untuk promosi melalui berbagai media.
7.       Membuat keputusan promisi : menjelaskan tentang marketing mix atau pencmpuran sarana untuk berpromosi.
8.       Mengukur hasil komunikasi : biasanya dapat diukur dengan mengetahui keputusan konsumen seperti membeli produk.
Pkl 11.00 – 16.00 WIB.
Pendamping :
1. Benny Sitorus
2. Darel Akhir Syawal
Koordinator :
1. Dadang
2. Suwandi

 Ttd
9.
Senin, 23 Desember 2013
Teknik Penjualan dan Pemasaran       
Faktor – faktor yang mempengaruhi penjualan :
      1.       Kondisi dan kemampuan penjual
      2.       Kondisi pasar
      3.       Modal
      4.       Kondisi organisasi perusahaan
      5.       Faktor lainnya
Berbagai tugas manajemen penjualan antara lain yang dapat dilakukan agar berhasil sebagai manajer penjualan :
      1.       Memanusiakan manusia
      2.       Menjadi manajer efektif dengan memenangkan hati bawahan
      3.       Penghubung antara wiraniaga dengan manajemen
      4.       Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif
     5.       Harus bisa memotivasi
     6.       Punya keterampilan komunikasi
     7.       Bisa mengambil keputusan dalam satu masalah dengan cepat
5 alasan utama masyarakat menolak produk atau layanan :
         1.       Harga
         2.       Loyalitas kepada pemasok lama
         3.       Tak mampu membuat keputusan
         4.       Faktor produk yang kurang kompetitif
          5.       Tidak menyukai perusahaan, sistem, dan penjualan
Kekuatan dan kelemahan personal selling  :
           1.       Penjelasan secara detail atau demonstrasi
           2.       Diarahkan kepada prospek yang berkualitas
           3.       Melakukan interakasi 2 arah
            4.       Menyesuaikan pesan dengan situasi yang sedang dihadapi dan kebutuhan konsumen
            5.       Mengurangi dan meminimalkan gangguan dalam komunikasi
            6.       Keterlibatan dalam proses keputusan
             7.       Biaya penjualan dapat disesuaikan secara terkendali
             8.       Lebih efektif dari variabel promosi lainnya
Pkl. 09.00 – 13.00 WIB.
Pendamping :
1.       Andro Damanik
2.       Benny Sitorus
Koordinator :
1.       Dadang
2.       Suwandi
      Ttd
10.
Jumat, 27 Desember 2013
Saluran Distribusi     
Saluran distribusi adalah sistem yang menghubungkan manufaktur ke pelanggan maupun saluran untuk konsumen dan produk industri sama.
Saluran distribusi terdiri dari sekumpulan orang dan perusahaan yang terlibat dalam pemindahan atas produk dimana produk berpindah dari produsen ke konsumen atau pemakai bisnis.
Fungsi utama dari saluran distribusi adalah untuk  menyediakan link antara produksi dan konsumsi.
Contohnya yaitu :
       1.       Informasi
       2.       Promosi
       3.       Kontak
       4.       Penyesuaian
       5.       Negosiasi
       6.       Distribusi Fisik
       7.       Mengambil resiko
Contoh tingkat saluran distribusi untuk saluran pemasaran konsumen :
       1.       Channel 1 disebut direct marketing
        2.       Channel 2 berisi 1 perantara
        3.       Channel 3 berisi 2 tingkat perantara
Jenis – jenis saluran distribusi barang dan jasa :
         1.       Produsen ke konsumen ( Umumnya Jasa ) contohnya Bengkel, rumah makan, pangkas rambut, salon dan panti pijit
         2.       Produsen ke retailler ke konsumen. Contohnya es krim, koran, dan lain – lain
         3.       Produsen ke wholesaller ke retailler ke konsumen. Contohnya mie instant, beras, sayurmayur, minuman dalam kemasan dan lain – lain .
        4.       Produesen  ke agen ke wholesaler ke retailler ke konsumen. Contohnya barang impor
              5.       Produsen ke industri ( produsen ) contohnya pabrik mie telor menjual ke pedagang  mie ayam gerobak keliling
              6.       Produsen wholesaller ke industri atau produsen. Contohnya, suatu distributor membeli mesin berat dari luar negeri untuk dijual ke pabrik dalam
negeri
Faktor – faktor untuk pertimbangan memilih distribusi ;
      1.       Pertimbangan pengguna akhir
      2.       Karakteristik produk
      3.       Kemampuan dan sumber daya pabrikan
      4.       Fungsi – fungsi yg disyaratkan
      5.       Ketersediaan dan ketrampilan perantara.
Pkl. 13.00 – 17.00 WIB
Pendamping :
1.       Rio Bagas
2.       Dedi butarbutar
Koordinator :
1.       Dadang
2.       Suwandi
              Ttd
11.
Senin, 6 januari 2014
Pengaruh dan kendala penetapan harga
1.       Strategi perusahaan dan strategi pemasaran.
Memperhatikan pendistribusian  sumber daya yang ada pada daerah fungsional dan pasar produk dalam upaya memperoleh suistenable advantage
2.       Karakteristik pasar sasaran .
Proses membagi pasar menjadi kelompok – kelompok pelanggan yang berbeda seuai target marketing
3.       Karakteristik produk.
Produk dapat didefinisikan sebagai persepsi konsumen yang dijabarkan oleh produsen melalui hasil produksinya.
4.       Karakteristik competitor.
Meliputi, jumlah prusahaan dalam industri, ukuran relatif setiap anggota dalam industri, diferesnsiasi produk, kemudahan untuk memasuki industri yang bersangkutan.

Faktor – faktor yang mempengaruhi harga :
  1. Kurva permintaan yaitu Kurva yang menunjukan tingkat pembelian pasar pada berbagai harga
  1. Persaingan yaitu Jika suatu industri untuk dimasuki maka perusahaan yang ada akan sulit mempengaruhi atau mengendalikan harga
  1. Pelanggan, yaitu Didasarkan pada beberapa faktor yang terkait dan sulit memperkirakan hubungan antar faktor secara akurat
  1. Biaya
Strategi penetapan harga :
Merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi jika perusahaan memperoleh produk baru.

Dalam menetapkan harga jual mempertimbangkan :
  1. Harga pokok jual barang
  2. Harga barang sejenis
  3. Daya beli masyarakat
  4. Jangka waktu perputaran modal
  5. Peraturan – peraturan
Penetapan harga harus memperhatikan hal – hal berikut :
  1. Kondisi pasar
  2. Harga produk saingan
  3. Elastisitas permintaan
  4. Diferensiasi
  5. Pemahaman fungsi ekonomi saat ini dan perkiraan ke depan
Tujuan dan strategi penetapan harga global :
  1. Market skimming Usaha secara sistematis untuk menjangkau segmen pasar yang bersedia membayar harga premium untuk suatu produk
  1. Penetration pricing Pabrik berskala efisien dan rendahnya upah tenaga kerja memungkinkan perusahaan merebut pasar
  1. Market holding Strategi ini diikuti pula, strategi merespon setiap penyusaian harga oleh para pesaing.
Pkl. 09.00 – 15.00 WIB
Pendamping :
1.       Cahya Drajat
2.       Benny Sitorus
Kooridnator :
1.       Dadang
2.       Suwandi
          Ttd
12.
Kamis, 16 Januari 2014
Kepuasan Pelanggan 
Kepuasan adalah senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan yang diharapkan. Sesuai dengan kepuasan konsumen dan kinerja atau hasil yang dirasakan .
Faktor – faktor pendorong kepuasan pelanggan :
         1.       Kualitas produk
Pelanggan akan merasa puas setelah membeli dan menggunakan produk tersebut yang memiliki kualitas yang baik.
          2.       Kualitas jasa
Pelanggan merasa puas apabila mereka memperoleh jasa yang baik sesuai yang diharapkan dari pegawai maupun karyawan koperasi atau perusahaan lainnya.
        3.       Biaya atau kemudahan
Untuk mendapatkan produk atau jasa, artinya kenyamanan dan efisien dalam mendapatlan suatu produk atau jasa serta mudah mendapatkan jasa produk tersendiri dengan nilai kepuasan bagi pelanggan.
Faktor emosional kepuasan bukan karena kualitas produk tetapi harga diri atau nilai sosial yang menjadikan pelanggan puas terhadap merek produk.
Pengukuran kepuasan pelanggan
Perlunya survei kepuasan pelanggan, artinya survei perusahaan akan memperoleh tanggapan balik secara langsung dari pelanggan dan sekaligus juga memberikan tanda positif bahwa perusahaan juga menaruh perhatian terhadap pelanggannya.

Pengukuran kepuasan tersebut melalui metode :
       1.       Melakukan pengukuran secara langsung melalui pertanyaan tentang tingkat kepuasan pelanggan
        2.       Besarnya harapan terhadap atribut tertentu dan besarnya kinerja yang mereka rasakan
        3.       Pelanggan diminta untuk mengungkapkan masalah yang dihadapi berkaitan dengan produk atau jasa dan memberikan saran – saran perbaikan.
Mempertahankan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di era kompetisi bisnis yang semakin ketat seperti saat ini. Pentingnya loyalitas pelanggan bagi perusahaan sudah tidak diragukan lagi, banyak perusahaan sangat berharap dapat mempertahankan pelanggannya dalam jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya.
Faktor yang mendorong loyalitas pelanggan :
        1.       Loyalitas merek
Merupakan suatu konsep yang sangat penting dalam strategi pemasaran.
Loyalitas suatu komitmen yang mendalam untuk melakukan pembelian ulang produk atau jasa yang menjadi preferensinya secara konsisten di masa yang akan datang dengan cara membeli ulang merek yang sama meskipun ada pengaruh situasional dan usaha pemasaran yang dapat menimbulkan perilaku peralihan.
Faktor – faktor  yang mendorong loyalitas konsumen :
       1.       Produk
Kualitas produk merupakan mutu dari semua komponen – komponen yang membentukj produk sehingga produk mempunyai nilai tambah untuk dijual dan dinikmati oleh konsumen.
      2.   Hubungan kepuasan dengan konsumen Sangat erat hubungannya karena konsumen tidak mungkin membeli suatu barang apabila barang tersebut tidak mempunyai arti atau tidak memberikan kepuasan tertentu kepada konsumen.
       3.    Harga yang bersaing
Dengan efisiensi baik di produksi maupun di manajemen dapat menetapkan harga yang wajar dan kompetitif.
         4.       Pelayanan dan informasi yang maksimal
         a.       Memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan konsumen secara penuh.
         b.      Jaminan merupakan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk pengembalian harga pembelian atau mengadakan perbaikan terhadap produk yang rusak atau hilang setelah pembelian
          c.       Adanya respon dan pemecahan masalah.
           d.      Sistem pengiriman produk tepat waktu yang meliputi sistem distribusi, pemasok, pabrikan, dan perantara sebagai unit yang terpadu dan terkoodinir.
       5.       Citra peusahaan
        6.       Kinerja atau pretasi karyawan
          a.       Kinerja produk atau sistem pengiriman tergantung pada bagaimana semua bagian organisasi bekerja sama dalam pemenuhan kepuasan konsumen
           b.      Bisnis telah menemukan bahwa kesadaran akan keinginan konsumen dan pelatihan karyawan membantu mereka memenuhi tanggung jawab
            c.       Pengalaman karyawan
Merupakan semua hubungan antara konsumen dengan karyawan khususnya dalam hal komunikasi dan informasi yang berhubungan dengan produk dan pembelian.
       d.       kemudahan dan kenyamanan
Merupakan segala yang diberikan perusahaan kepada konsumen dalam mendapatkan produk yang dijual
       7.       Persaingan
Kelemahan dan kekuatan para pesaing juga mempengaruhi kepuasan konsumen dan merupakan peluang untuk memperoleh keunggulan bersaing.
        8.       Kebutuhan mendadak konsumen bisa dipenuhi.
Artinya persiapan persediaan yang cukup dengan didukung oleh sarana yang selalu siap untuk mengantisipasi permintaan mendadak dari konsumen.
Pkl. 09.45 – 15.45 WIB
Pendamping :
1.       Darel Akhir Syawal
2.       Andro Damanik
Koordinator :
1.       Dadang
2.       Suwandi
            Ttd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar