Senin, 12 November 2012

Bisnis Distro ( Distribution Outlet ) ( 300 karakter )

Bisnis Distro

Distro (distribution outlet) saat ini sudah sangat menjamur. Ada ratusan bahkan ribuan rumah distro di seluruh wilayah Indonesia. Hal menandakan bahwa jumlah peminat barang-barang distro memang tinggi. Sebab, tidak mungkin suatu jenis bisnis begitu marak jika tidak ada kebutuhan pasar yang signifikan.

Ada sejumlah alasan mengapa para remaja sangat menggemari produk-produk distro.

1. Tuntutan pergaulan.
Distro telah menjadi salah satu ikon dunia remaja. Remaja gaul yang keren adalah remaja yang akrab dengan produk-produk distro, begitulah sebuah nilai telah dianut di kalangan remaja. Jadi, remaja memakai produk-produk distro demi mendapat status sebagai remaja gaul dan pastinya keren.

2. Eksklusif.
Para remaja tidak suka jika mengenakan barang yang juga dipakai oleh orang lain sehingga terkesan pasaran. Barang-barang distro diproduksi secara terbatas sehingga terasa eksklusif dan tidak pasaran.

3. Kualitas
Umumnya barang-barang distro memiliki kualitas yang bagus, maka banyak orang yang menilai barang-barang distro memiliki kualitas ekspor.

Berikut adalah tips memulai bisnis distro yang dapat Anda jadikan pedoman sebelum menggeluti bisnis ini.

1. Tentukan tema
Pilihlah satu tema yang cocok untuk bisnis distro Anda, misalnya berkonsep etnik, musik, futuristik, dsb. Tema akan membuat bisnis distro Anda memiliki kekhasan dan brand image yang kuat.

2. Produksi sendiri atau titipan.
Barang bisa kita produksi sendiri dan barang titipan.
Jika Anda memutuskan untuk menjual barang-barang produksi sendiri, tentu saja Anda harus menyiapkan tim produksi, segala perlengkapan untuk proses produksi, dan menjalin relasi dengan para pemasok bahan baku produksi.

Sementara itu, jika Anda memutuskan untuk menjual produk dari produsen lain, berusahalah untuk menemukan produsen distro yang memproduksi barang-barang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pastikan juga barang yang Anda jual tidak banyak dijual toko distro lain sehingga tetap eksklusif.

3. Ciptakan brand.
Merek atau nama sangat penting dalam bisnis. Ciptakanlah nama, logo, dan desain merek Anda semenarik mungkin untuk pangsa pasar remaja, dan sesuai dengan konsep rumah distro Anda.

4. Temukan lokasi yang strategis.
Jalankanlah bisnis distro Anda di tempat yang strategis, mudah dijangkau, dekat dengan segmen pasar Anda, dan tidak berdekatan dengan toko distro lain. Anda dapat membuka toko distro Anda, misalnya di dekat kampus, dekat stadion olahraga, atau di dekat kawasan kos mahasiswa.

5. Desain ruangan.
Display-lah produk Anda secara menarik dan buatlah desain interior yang khas anak muda. Berikan kenyamanan kepada pelanggan ketika berada di toko Anda. Lengkapi dengan media audio untuk memperdengarkan musik kepada para pengunjung.

6. Iklan.
Promosikan bisnis Anda melalui berbagai cara, tetapi dengan biaya yang terjangkau, misalnya dengan selebaran, blog, radio, atau majalah kampus. Jangan lupa untuk melakukan promosi dari mulut ke mulut karena hasilnya akan sangat efektif.

7.Tetapkan harga yang kompetitif.
Mematok harga yang terlalu mahal bisa menjadi langkah yang tidak bijak mengingat segmen pasar Anda adalah remaja yang notabene belum independen dalam hal keuangan.


Sumber : forumjualbeli.com

Nama : Cahya Drajat
NPM  : 21212541
Kelas  : 1EB11  

1 komentar:

  1. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

    Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    inilah pentingnya fungsi mendaftarkan merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

    BalasHapus